Ikuti Kami di :            

Pendidikan Bahasa Arab

Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

Profil

April, 26 2019 08:31
Oleh HUMAS INSURI Po

IDENTITAS PROGRAM STUDI PBA

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) INSURI merupakan salah satu Program Studi di bawah naungan Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo yang menyelenggarakan Pendidikan Strata Satu (Sarjana) atau Diploma-IV. Program Studi ini terletak di Jl. Batoro Katong, No. 32 Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia. Berdiri sejak tanggal 27 Februari 1998 dengan Nomor Surat Keputusan E/42/1988 yang ditandangani oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam (Malik Fajar) dan mulai diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober 1998. Prodi ini mulai beroperasional pada tanggal 27 Oktober 2008 melalui Surat Keputusan Izin Operasional DJ.I/385/2008. Semenjak tanggal 19 Desember 2014, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) INSURI mendapat predikat BAIK (B) dengan nilai kumulatif 313 dengan Nomor SK BAN-PT 468/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014. Sesuai visi dan misinya, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) INSURI berkonsentrasi melahirkan sarjana yang profesional di bidang Pendidikan Bahasa Arab dan memiliki keunggulan aspek penerjemahan teks Arab-Indonesia maupun Indonesia-Arab. Masa studi dalam perkuliahan di prodi ini sekurang-kurangnya adalah delapan semester atau empat tahun dan maksimal empat belas semester atau tujuh tahun. Mahasiswa yang lulus dari Program Studi PBA akan meraih gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Untuk mengakses informasi terkait prodi PBA INSURI dapat mengunjungi laman https://pba.insuriponorogo.ac.id/ atau dapat pula melalui alamat email pbainsuripo@gmail.com dan Nomor Handphone/WA 085655692234 (Wahyu Hanafi).

SEJARAH PROGRAM STUDI PBA

Sejarah lahirnya program studi pendidikan bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo tidak lepas dari embrio program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berdiri lebih dahulu. Pada mulanya, kebutuhan akan tenaga pendidik (guru) dalam bidang bahasa Arab sangatlah minim di Ponorogo, terlebih tidak ada institusi yang menyelenggarakan program strata satu pendidikan bahasa Arab. Banyaknya alumni pesantren di wilayah Ponorogo di tahun 1998-1999 hanya sebatas mampu memahami bahasa Arab secara interdisipliner, maksudnya adalah alumni pesantren di wilayah Ponorogo yang terjun di lembaga pendidikan formal maupun non formal sangat mumpuni dalam bidang fiqih, kalam, tauhid, dan bahasa Arab, akan tetapi aktualisasi proses pembelajaran yang dilakukan masih bersifat konservatif dan tidak ada inovasi pembelajaran. Kalau bercermin dalam dunia pendidikan, proses belajar adalah proses interaksi antara guru dan murid guna memahami materi tertentu. Proses belajar memerlukan metodologi yang relevan agar misi pembelajaran dapat tercapai.

Bahasa Arab sebagai materi pokok di lingkup pendidikan formal Madrasah ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah merupakan mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa pada setiap jenjangnya. Bahasa Arab sebagai bahasa al-Qur’an, Hadis, dan kitab-kitab agama harus dimengerti oleh setiap murid. Sebagai alat untuk memahami hal tersebut, bahasa Arab mempunyai signifikasi yang cukup tinggi. Sudah selayaknya memiliki tenaga pengajar bahasa Arab yang terampil jika ingin menjadikan murid terampil berbahasa Arab secara verbal maupun non verbal.

Singkronisasi ilmu pendidikan dan bahasa Arab akan membuahkan metodologi pembelajaran bahasa Arab yang bervariasi. Calon tenaga pengajar bahasa Arab akan dididik, dilatih agar memiliki kecakapan dan kopetensi individu, sosial, dan pedagogik. Dengan demikian, hadirnya program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) INSURI diharapkan mampu menjembatani kebutuhan masyarakat kabupaten Ponorogo khususnya di bidang Pendidikan Bahasa Arab.

PROFIL LULUSAN

Guru Bahasa Arab

Sebagai Prodi yang menyelenggarakan pendidikan jenjang strata satu (S1) dan di bawah naungan Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) INSURI menyelenggarakan misi utama yakni melahirkan sarjana di bidang Pendidikan Bahasa Arab/ Guru Bahasa Arab untuk pendidikan tingkat dasar, menengah, formal, dan non-formal. Guru Bahasa Arab yang dilahirkan dari Prodi ini adalah Guru yang memiliki empat kompetensi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa “Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi". Dengan empat kompetensi tersebut, Guru Bahasa Arab sudah pasti memiliki kapabilitas yang memadahi dan memahami konsep Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab secara baik.

Penerjemah Teks Arab-Indo dan Indo-Arab

Misi lain dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) INSURI adalah melahirkan intelektual yang mahir di bidang penerjemahan teks Arab-Indonesia maupun sebaliknya. Kebutuhan akan penerjemahan literatur-literatur berbahasa Arab ke dalam  Bahasa Indonesia dewasa ini dirasa sangatlah penting guna memahami agama Islam secara Kaffah. Dengan bekal teori-teori terjemah yang diajarkan saat perkuliahan, alumni dari prodi PBA INSURI diharapkan memiliki keterampilan berbahasa di bidang penerjemahan kitab-kitab klasik (Turats) dan kitab-kitab modern (Mu'ashirah) yang  ditunjang dengan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kebutuhan akan penerjemahan kitab-kitab berbahasa Arab dari ulama Nusantara dan Timur Tengah di Era Mllenieal ini dirasa sangatlah penting mengingat hingga sampai saat ini perputaran gobalisasi dan revolusi industir 4:0 sudah semakin mendekat. Aspek penerjemahan merupakan hal yang tidak dapat ditinggalkan oleh Sarjana Bahasa Arab. Dengan kemampuan penerjemahan yang baik, alumni prodi PBA INSURI diharapkan mampu mengabdi kepada masyarakat dengan mengkaji kitab-kitab kuning yang bernuansa fiqih, tafsir, hadis, aqidah, dan tasawuf. 

Peneliti dalam Bidang Linguistik Arab

Misi yang tidak boleh ditinggalkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) INSURI adalah melahirkan intelektual yang memiliki kapabilitas penelitian di bidang Linguistik Arab yang baik. Penelitian-penelitian mutakhir di bidang Linguistik Arab kian menguat dan masif hingga saat ini. Sebagai intelektual bahasa Arab, pengetahuan normatif tidaklah cukup. Kebutuhan memahami konsep metodologi penelitian yang baik merupakan bekal awal guna melakukan penelitian. Sejalan dengan misi prodi, alumni PBA INSURI diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik terkait metodologi penelitian Linguistik Arab secara teoritis dan aplikatif.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Penguasaan Pengetahuan

  1. Mampu menguraikan metodologi penelitian, Menguasai metodologi penelitian pendidikan bahasa
  2. Mampu menguraikanteori pembelajaran bahasa Arab dengan mengintegrasikan nilai-nlai religius dan semangat nasionalisme
  3. Mampu menjelaskan teori-teori kebahasaan
  4. Mampu mendeskripsikan tahapan-tahapan penelitian

Keterampilan Umum

  1. Mampu berinteraksi dan berkomunikasi bahasa Arab secara aktif dan pasif
  2. Mampu merumuskan tujuan pembelajaran bahasa Arab secara mandiri
  3. Mampu mengajar bahasa Arab yang mampu mengembangkan nilai, norma dan etika akademik serta menghargai keanekaragaman budaya
  4. Mampu mengaplikasikan metode pembelajaran bahasa Arab
  5. Mampu menggunakan media pembelajaran bahasa Arab
  6. Mampu memanfaatkan teknologi pembelajaran
  7. Mampu mengelola kelas secara mandiri dengan penuh tanggung jawab
  8. Mampu mengevaluasi pembelajaran bahasa arab dengan penuh tanggung jawab
  9. mampu menerjemahkan teks Arab – Indonesia secara tekstual dan kontekstual
  10. mampu menerjemahkan teks Indonesia – Arab secara tekstual dan kontekstual

Keterampilan Khusus

  1. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab ‘amiyah Mesir dan Saudi Arabia
  2. Mampu mengajarkan kaidah-kaidah seni kaligrafi
  3. Mampu membaca dan menerjemahkan kitab-kitab kuning
  4. Menguasai bahasa asing selain bahasa Arab

ORGANISASI DAN KEGIATAN MAHASISWA

Secara internal, Mahasiswa PBA INSURI memiliki organisasi HMPS PBA atau Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Pengurus organisasi ini adalah mahasiswa yang duduk di semester tiga dan empat. Organisasi HMPS PBA merupakan organisasi di bawah naungan Dewan Mahasiswa fakultas Tarbiyah atau DEMA-Tarbiyah. Dalam strukturnya, Pengurus harian HMPS PBA INSURI terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara. Sedangkan struktur pengurus bidang meliputi Bagian Bahasa, Bagian Pendidikan dan Pengajaran, Bagian Dokumentasi dan Seni. Organisasi HMPS PBA menyelenggarakan beberapa kegiatan yang sifatnya rutin mingguan, bulanan, tahunan dan beberapa kegiatan yang sifatnya insindental sesuai dengan program kerja yang disusun awal tahun akademik. Berikut beberapa kegiatan HMPS PBA INSURI yang telah berjalan secara berkala :

Mingguan

Usbu’ Araby, Muhadharah,Taqdiim al-Qishash, Kaligrafi, Taqdiim Al-Syi’ir wa Al-Natsr

Bulanan

Diskusi Bahasa, Ngaji Sastra Arab, Maqrab ‘Araby, Khatmu Al-Qur’an

Tahunan

Rihlah Tarbawiyyah, Festival Bahasa Arab (Maharoh), Mukhayyam `Araby, Seminar Bahasa, Bedah Buku, Muktamar ITHLA

KETUA PRODI DARI MASA KE MASA

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab atau dengan akronim Kaprodi PBA mulai dijabat pada tahun 2009. Hal ini dikarenakan semasa awal pendirian Program Studi PBA di tahun 1998 sampai dengan tahun 2009 masih digabung dengan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI). Kemudian, di awal tahun akademik 2009, Program Studi PBA INSURI memiliki kelas sendiri karena pertumbuhan kuantitas mahasiswa semakin banyak. Berikut adalah Ketua Prodi PBA dari masa ke masa :

1. Dr. Murdianto, M.Si (2009-2010)

2. M. Syifa'ul Fuad, M.Pd.I (2010-2011)

3. Faiq 'Ainurrafiq, M.A (2011-2015)

4. Moh Masduki, M.S.I (2015-2016)

5. Wahyu Hanafi, M.Pd.I (2016-sekarang)