Ikuti Kami di :            

Pendidikan Bahasa Arab

Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

PBA INSURI Publikasikan E-Journal Prodi yang Perdana

April, 21 2020 12:11
PBA INSURI Publikasikan E-Journal Prodi yang Perdana
Oleh Humas INSURI Po

Ponorogo (20/4) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab INSURI Ponorogo publikasikan e-journal Aphorisme untuk edisi perdana pada bulan April 2020.

Aphorisme merupakan e-journal pertama kali yang dipublikasikan oleh Program Studi di lingkungan INSURI Ponorogo. Kajian jurnal ini mencakup bahasa Arab, Sastra Arab, dan Pendidikan Bahasa. Hadirnya e-journal Aphorisme guna mewadahi kegelisahan akademik peneliti, dosen, dan mahasiswa terkait isu-isu mutakhir di bidang Linguistik Arab, Sastra Arab, dan Pendidikan Bahasa. Terbit perdana Vol. 1, No. 1 (2020) dengan tema "Language and Literature". "Alhamdulillah, jurnal Aphorisme untuk volume satu sudah terbit, ini adalah jurnal pertama kali yang dimiliki prodi di lingkungan INSURI", kata Wahyu Hanafi selaku Editor in Chief jurnal Aphorisme, (1/4). Hanafi berharap kedepannya setiap prodi memiliki jurnal, imbuhnya.

Persiapan penerbitan untuk volume satu sudah dilaksanakan semenjak bulan Januari 2020. Langkah awal ialah membentuk dewan redaksi yang meliputi Reviewers, Editor in Chief, Managing Editor, dan Editors. Kerjasama turut dilakukan mulai dari pengelola jurnal di Omah Jurnal INSURI Ponorogo, Jurnal Arab Indonesia, dan Relawan Jurnal Indonesia. Dari berbagai kerjasama, didapati dua reviewer dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, satu reviewer dari Fakultas Sasta Universitas Negeri Malang. Kemudian masing-masing satu editor dari IAIN Ponorogo dan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Jawa Barat. Semua tim redaksi memiliki fokus kajian dan minat di bidang Linguistik Arab, Sastra Arab, dan Pendidikan Bahasa. Tak lupa, tim redaksi jurnal Aphorisme mengutamakan reviewers yang sudah memiliki ID Scopus, agar mempermudah saat proses akreditasi ke depannya.

Usai membentuk dewan redaksi, pengelola jurnal informasikan untuk Call for Papers melalui OJS dan media sosial yang lain. Dari Call for Papers, didapati enam artikel sudah submit melalui laman OJS Aphorisme. Empat artikel bertema Pendidikan Bahasa Arab, satu artikel bertema Sastra, dan satu artikel bertema kajian bahasa. "Enam artikel sudah masuk, langkah selanjutnya akan dilakukan review sebelum memasuki tahap produksi", ujar Rizki Amalia Sholihah selaku Managing Editor, Jumat (3/3).

Minggu kedua hingga keempat bulan Maret 2020, dewan redaksi melakukan tahap korespondensi terhadap artikel yang sudah masuk meliputi proses review, komunikasi dengan author, perbaikan naskah, send back artikel. Kemudian di Awal April artikel memasuki tahap produksi yang meliputi editing, layout, dan publikasi.***