Ikuti Kami di :            

Pendidikan Bahasa Arab

Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

PBA INSURI Gandeng Kerjasama dengan Pusat Bahasa UIN Suka

February, 13 2020 15:29
PBA INSURI Gandeng Kerjasama dengan Pusat Bahasa UIN Suka
Oleh Humas INSURI Po

Ponorogo (13/2) Keluarga besar Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) INSURI Ponorogo gandeng Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam kerjasama pengembangan kopetensi berbahasa. Kegiatan yang digelar pada Rabu 12 Februari 2020 ini bertempat di gedung PPB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mulai pukul 08.30-11.00 WIB. 

Hanafi selaku ketua Prodi PBA INSURI mengungkap, agenda mahasiswa PBA INSURI di setiap tahunnya adalah rihlah akademik. Pada tahun ini mahasiswa PBA INSURI baru dapat berkunjung ke PPB UIN Suka. Selain kerjamasa, di PPB UIN Suka mahasiswa belajar mengenai TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language) dengan istilah lain “al-Ikhtibârât al-‘Arabiyyah li al-Dirâsât al-Islâmiyyah li al-Ajânib” atau “al-Ikhtibârât fi al-Lughah al-‘Arabiyyah li al-Nâthiqîna bi Ghairihâ”. Kegiatan disambut langsung oleh Direktur PPB UIN Suka Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag yang sekaligus memberi sambutan pada awal acara. Beliau menjelaskan saat ini mahasiswa harus terampil berbahasa asing baik bahasa Arab maupun bahasa Inggris. Kebutuhan berbahasa asing adalah keniscayaan bagi mahasiswa. Dengan diselenggarakan pelatihan TOAFL ini, harapannya mahasiswa mampu menembus batas skor minimal TOAFL, yang mana sertifikat ujian akan banyak digunakan mulai dari pengurusan beasiswa LPDP, beasiswa kuliah ke luar negeri, dan perihal administrasi akademik.

Siimulasi TOAFL dalam acara tersebut disampaiakan oleh Dr. Herman, M.A selaku staf pengajar dan divisi bahasa Arab di PPB UIN Suka. Kurang lebih dua jam mahasiswa belajar tentang dasar-dasar TOAFL, trik, materi, dan simulasi ujian.***