Ikuti Kami di :            

Pendidikan Bahasa Arab

Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

HMPS PBA INSURI Ikuti Kegiatan KBA di IAIN Jember

April, 20 2019 09:49
HMPS PBA INSURI Ikuti Kegiatan KBA di IAIN Jember
Oleh Humas INSURI Po

Jumat (19/4) Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Indonesia atau yang disebut dengan Ittihadal-Thulabah al-Lughah al-‘Arabiyyah (ITHLA) merupakan organisasi mahasiswa bahasa Arab terbesar di Indonesia. Organisasi memiliki jumlah anggota yang cukup banyak dan terbagi dalam Dewan Pimpinan Wilayah pada masing-masing provinsi. Masing-masing DPW telah memiliki program kerja yang bersifat mingguan, bulanan, dan tahunan.

Menjelang bulan Ramadhan 1440 H ini, Dewan Pimpinan ITHLA IV (DPW-IV) dari wilayah Jawa Timur, Bali, dan NTB menyelenggarakan agenda tahunan Kemah Bahasa Arab (KBA) yang diselenggarakan di kampus IAIN Jember. Antusiasisme kegiatan dibuktikan dengan adanya perwakilan peserta dari 25 kampus yang tersebar di wilayah Jawa Timur, dan NTB. Sekitar ada 200 peserta aktif yang mengikuti kegiatan.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA) INSURI Ponorogo merupakan salah satu dari 25 perwakilan kampus yang mengikuti kegiatan tersebut dengan delegasi mahasiswa Fitriani Syahriah, Azka Rivaldi, Yogi Ridwan, dan Muh Sofyan Assyauri. Upaya pengiriman delegasi ini sebagai bentuk optimalisasi kegiatan kemahasiswaan di lingkup eksternal. Ini merupakan KBA kedua kalinya yang diikuti oleh HMPS PBA INSURI setelah mengikuti KBA pertama kali di Madura pada tahun 2018.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari Jumat (19/4) sampai dengan Ahad (21/4). Dengan mengusung tema “Mempererat Ukhuwah Arabiyyah, Komitmen Memakmurkan Bangsa”, acara diawali dengan seminar yang diselenggarakan di Gedung Kuliah Terpadu (GTK) IAIN jember pada hari Jumat (19/4). Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Arab, silaturahmi, dan peningkatan kualitas akademik mahasiswa. Kegiatan-kegiatan yang diagendakan untuk tiga hari mendatang meliputi talkshow, discussion, focus group, dan apresiasi seni Arab.***